Sunday, January 19, 2014

Contoh Kasus tentang Peningkatan Mutu dalam Pelayanan Kebidanan

SOAL
Sebuah RSUD di daerah DKI Jakarta yang sudah menerapkan manajemen mutu, dalam rapat pimpinan melaporkan tentang menurunnya jumlah pasien di Poli Kebidanan dalam 3 bulan terkahir.  Apa yang dilakukan oleh Tim Mutu untuk menyikapi hal tersebut.

Ø  Masalah      :      Menurunnya jumlah pasien sebanyak 46,8%
Ø  Dimana       :      Poli Kebidanan di RSUD Putri Mulia
Ø  Kapan        :      3 bulan terakhir (Juli, Agustus, September)

Bulan April           :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 93 orang
Bulan Mei            :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 90 orang
Bulan Juni            :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 94 orang
Bulan Juli             :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 72 orang
Bulan Agustus       :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 60 orang
Bulan September   :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 50 orang

Dalam 3 bulan terakhir (Juli, Agustus, September) mengalami penurunannya masing-masing sebesar 23,4% ; 36,2% ; 46,8%

PLAN
a)   Topik (Topic)                        :    Peningkatan jumlah pasien di Poli Kebidanan
b)  Masalah (Problem statement)   :    Menurunnya jumlah pasien di Poli Kebidanan
                                                     dalam 3 bulan terakhir
c)  Tujuan (Goal)                         :    Meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD
                                                     Mulia Putri yang dapat dilihat dari
                                                     meningkatnya jumlah pasien yang datang ke
                                                     Poli Kebidanan
d)  Target                                  :    Jumlah pasien RSUD Mulia Putri yang datang
                                                     dan periksa ke Poli Kebidanan dalam 3 bulan
                                                     kedepan meningkat 100
d)  Aktivitas                                 :    -    Membuat kotak saran berupa lembaran
                                                           kuisioner yang telah diberikan oleh Tim Mutu
                                                     -    Membuka kotak saran 2 minggu kemudian
                                                     -    Mencari penyebab dari masalah mutu yang ada
                                                     -    Menetapkan prioritas masalah dari berbagai
                                                          masalah mutu yang ada
                                                     -    Membuat rencana penyelesaian sesuai dengan
                                                          prioritas masalah
                                                     -    Membuat evaluasi sesuai dengan prioritas masalah
      e)  Organization and personels       :    Tim Mutu
      f)  Biaya (Budget)                         :    Rp 6.000.000,-
                                                      Rincian :
                                                      AC 2 unit                        :    Rp 4.000.000,-
                                                      Kursi 3 unit                     :    Rp 1.500.000,-
                                                      Kuisioner + kotak saran     :    Rp    200.000,-
                                                       Lain – Lain                      :    Rp    300.000,-
 g)  Tolak Ukur (Milestone)            :    Pasien yang datang dan periksa di Poli
                                                      Kebidanan RSUD Mulia Putri meningkat
                                                      79,8% yaitu sebanyak 75 orang

DO
- Kotak saran telah dibuat sebanyak 1 buah dan diletakkan di ruang tunggu Poli Kebidanan dan kemudian
  kotak saran dibuka dengan berbagai keluhan tentang mutu pelayanan di RSUD Mulia Putri
- Penyebab masalah mutu tersebut : kurangnya fasilitas yang memadai seperti ruang tunggu tidak dilengkapi
  pendingin ruangan, pelayanan yang diberikan kurang memuaskan pasien, kurang ramahnya pegawai yang ada di
  RSUD Mulia Putri
- Prioritas masalah terdapat pada kurangnya fasilitas yang memadai seperti ruang tunggu yang tempat duduknya
  tidak mencukupi, ruang tunggu tidak dilengkapi pendingin ruangan, ruang tunggu dipenuhi oleh pedagang asongan

Menyelesaikan prioritas masalah tersebut, diantaranya :
-       Menambah jumlah tempat duduk sebanyak 3 unit
-       Melengkapi ruang tunggu dengan pendingin ruangan sebanyak 2 unit
-       Melarang pedagang asongan masuk ke dalam ruang tunggu

CHECK
Memeriksa secara berkala kemajuan dan hasil yang dicapai dan pelaksanaan rencana yang telah ditetapkan.
-  Sampai seberapa jauh pelaksanaan cara penyelesaian masalahnya telah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan
-  Bagian kegiatan  mana yang berjalan baik dan bagian mana yang belumberjalan dengan baik (fasilitas yang diberikan sudah
   berjalan cukup baik, namun pedagang asongan masih berkeliaran di dalam ruang tunggu)
-  Apakah sumber daya yang dibutuhkan masih cukup tersedia (sumber daya masih cukup memadai)
-  Apakah cara penyelesaian masalah yang sedang dilakukan memerlukan perbaikan (diperlukan perbaikan
   yang berkesinambungan)

Bulan April            :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 93 orang
Bulan Mei             :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 90 orang
Bulan Juni            :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 94 orang
Bulan Juli             :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 72 orang
Bulan Agustus       :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 60 orang
Bulan September   :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 50 orang
Bulan Oktober      :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 65orang
Bulan November    :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 81orang
Bulan Desember    :    Pasien Poli Kebidanan berjumlah 95 orang

ACTION
-  Melakukan penyempurnaan rencana kerja yaitu menambah personil keamanan (satpam) untuk menjaga keamanan
   dan kenyamanan ruang tunggu Poli Kebidanan RSUD Mulia Putri khususnya yang berkaitan dengan pedagang asongan.
-  Memantau kemajuan serta hasil yang dicapai, yang selanjutnya tergantung dari kemajuan serta hasil tersebut
   untuk dilaksanakan tindakan yang sesuai




LEMBAR KUESIONER
dalam rangka PENINGKATAN MUTU LAYANAN


1.      Apakah pelayanan yang diberikan sudah baik ?

                       Ya
                       Tidak, alasan ..

2.      Apakah anda merasa nyaman di RSUD Mulia Putri ?
Ya
Tidak, alasan ..

3.      Apakah kinerja tenaga kesehatan di RSUD Mulia Putri sudah baik ?
Ya
Tidak, alasan ..

4.      Menurut anda, apakah yang kurang dari RSUD Mulia Putri ?
Jawab  :




5.      Berikan saran anda untuk perbaikan RSUD Mulia Putri !
Jawab  :







..Terima kasih atas partisipasinya..

No comments:

Post a Comment